PROFIL UKM LPM-GELANGGANG


PROFIL UKM LPM-GELANGGANG


Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKM-F) Lembaga Pers Mahasiswa Gelanggang atau yang akrab disebut Redaksi Gelanggang lahir dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unisda Lamongan. Selain itu, Redaksi Gelanggang bertujuan sebagai wadah/organisasi penampung kreativitas mahasiswa di bidang jurnalistik, khususnya jurnalistik cetak (majalah).

Penerbitan majalah ini enam bulan sekali setiap akhir semester. Lembaga Pers Mahasiswa Gelanggang (LPMG) telah banyak melahirkan beberapa jurnalis. Banyak di antara mereka telah bekerja di beberapa instansi terkemuka. Karena mereka telah merampungkan program studinya, maka mereka tidak berkecimpung lagi secara langsung dalam penerbitan majalah Gelanggang, sehingga perlu adanya regenerasi sebagai generasi penerus yang selalu berinovasi di majalah Gelanggang.

Setelah adanya regenerasi dari penerus baru, perlu adanya sebuah peresmian kepengurusan dianggap penting permasalahan ini oleh pengurus Redaksi Gelanggang.

Maka pengurus Redaksi Gelanggang membentuk sebuah kegiatan yaitu Pelantikan sekaligus pelatihan jurnalistik. Pelantikan ini bertujuan mengukuhkan pengurus baru untuk diambil sumpahnya dalam mengemban amanat organisasi ke depan.

Adapun pelatihan jurnalistik ini bertujuan membuka pola pikir mahasiswa akan pentingnya sebuah karya (tulisan). Karena sepandai apapun seseorang, jika dia tidak pernah menulis, maka dia akan hilang dari sejarah.


Visi dan Misi

Visi

  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan jurnalistik berdasarkan iman dan taqwa
  • Membentuk kepribadian seorang jurnalis yang kreatif dan tekun
  • Menjadikan UKM LPM-GELANGGANG yang dapat menambah pengetahuan dan kekreativitasan di bidang jurnalistik seperti kegiatan fotografi, reporter, desain layout, penulisan artikel, dan sebagainya.

Misi

  • Menghimpun jurnalis kampus yang aktif, kreatif, dan berbudi pekerti yang luhur
  • Menjalankan UKM LPM-GELANGGANG sebagai wadah pengetahuan dan kreativitas sesuai dengan kode etik jurnalistik
  • Melatih dan menyiapkan kemampuan jurnalistik sebagai bekal kehidupan bermasyarakat

Struktur Organisasi Tahun 2018/2019

Struktur organisasi Lembaga Pers Mahasiswa Gelanggang di bawah naungan FKIP. Struktur organisasi Lembaga Pers Mahasiswa Gelanggang terbagi atas dua macam, yaitu: anggota berdasarkan tatanan tugas organisasi dan redaksi.

Ketua Umum : Sari Nur Afriani
Sekretaris : Siti Kurnia
Bendahara : Dyah Ayu Wulan

Komisi-Komisi

Kabid I (ImajinasiRubrikasi)
1. Arief Irwan Hermawan
2. Krisna Andika
Kabid II (KreatifitasKepenulisan)
1. Khoirul Abidin
2. Siti Muliani Rohmah
3. Devi Nur Aini
Kabid III (PenalaranWacana)
1. Nur Afrina Nawang Wulan
2. Happy Manisa Aulianka
Kabid IV (Pengkaderan)
1. Suparmita
2. Sindi Rahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *