Masa Orientasi Pramuka Pandega Tahun 2019

Salam Pramuka..!!!

Dalam setiap organisasi, bagaimana sebuah organisasi agar tetap berkembang atau tetap eksis di bidangnya, diperlukan adanya anggota yang solid, kompak, berkualitas serta berdedikasi tinggi pada organisasi itu sendiri. Tak terkecuali dengan UKM Pramuka Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Untuk mencapai tujuan tersebut, UKM Pramuka menjaring para anggotanya lewat sebuah Diklat yang biasa disebut MOPP. Masa Orientasi Pramuka Pandega (MOPP) Racana Joko Tingkir dan Putri Cempo merupakan awal dari bibit-bibit baru dan penerus tongkat estafet perjuangan dari Dewan Racana yang telah ada. Sekaligus mencetak calon Dewan Racana yang mempunyai rasa tanggung jawab dan menaati kode etik kepramukaan.

MOPP tahun ini mengangkat tema  “Gerbang Pengasah Tombak Gerakan Pramuka UNISDA”, berlangsung selama 2 hari pada hari Sabtu-Minggu tanggal 21-22 Desember 2019 dan dilaksanakan di Dsn. Ngula’an Ds. Tebluru Kec. Solokuro Kab. Lamongan. Kegiatan ini diikuti oleh 21 peserta dari angkatan yang berbeda-beda.

Kegiatan ini diawali dengan adanya Adat Penerimaan Tamu Racana yang menjadi hal wajib untuk para peserta agar dapat melanjutkan keikutsertaannya pada Masa Orientasi Pramuka Pandega, dan dengan adanya adat tersebut, para peserta resmi menjadi “Tamu Racana”. Setelah adanya Adat Penerimaan Tamu Racana, dilanjutkan dengan adanya napak tilas oleh peserta MOPP yang mana telah terbagi menjadi 4 kelompok untuk menuju tempat perkemahan yang kurang lebih ditempuh dengan jarak 3 KM dengan mewajibkan para peserta membuat peta pita pada saat perjalanan tersebut. Selain peta pita, para peserta juga diberi tugas pada setiap pos di sepanjang perjalanan tersebut.

Kegiatan pendirian tenda, upacara pembukaan dll terus berlanjut hingga malam hari dengan diisi beberapa materi seperti Kepramukaan, Kepemimpinan, Keracanaan dll. yang secara khusus disampaikan oleh Pembina Pramuka Unisda Kakak Ahmad Sihafudin, Alumni, dan juga pemateri yang lain.

Hingga pada puncak kegiatan MOPP ini, yakni Adat Penerimaan Anggota Racana dimana para Tamu Racana akan resmi bergelar sebagai Anggota Racana Joko Tingkir dan Putri Cempo. untuk mengidentitaskan diri sebagai Anggota Racana, adanya pengambilan Bet Racana oleh para peserta.

      

Di pagi hari beberapa kegiatan juga kita lakukan, mulai dari sarapan, outbound, bakti sosial dll. Serangkaian kegiatan MOPP telah selesai, dengan berjalan lancar dan sukses. Ini tidak terlepas dari adanya campur tangan dari semua pihak yang membantu. Mulai dari warga dusun setempat, para pemateri, dan panitia yang telah sangat bekerja keras demi suksesnya acara ini.

“Ikhlas Bhakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *